Detail

Bukan SIKM, Ini Surat yang Wajib Ditunjukkan Untuk Masuk Jakarta

Senin, 17 Mei, 2021, 14:55 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan persyaratan bagi masyarakat yang ingin masuk Jakarta selepas mudik.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, warga yang hendak kembali ke Jakarta selepas mudik atau ke luar kota wajib melampirkan surat keterangan bebas Covid-19.

Hal itu lantaran pemberlakuan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) sebagai syarat memasuki wilayah DKI Jakarta berakhir hari ini, Senin (17/5/2021).

“Jadi, untuk dokumen yang perlu disiapkan itu pastinya negatif Covid-19 melalui surat keterangan resminya. Dari situ nanti akan ada pengaturan yang lain,” kata Ahmad Riza Patria, Senin, (17/5/2021).

Riza menambahkan, masyarakat yang akan memasuki wilayah Jakarta juga akan diminta menunjukkan kartu identitas seperti kartu tanda penduduk (KTP). Selepasnya akan ditanya oleh para aparat yang berjaga di pos-pos penyekatan terkait kepentingannya.

“Untuk dokumen lainnya seperti KTP yang bersangkutan, dan ditanya darimana dan akan kemana. Tapi di sini yang paling penting jelas hasilnya negatif,” sambungnya.

Sebagai informasi, surat izin keluar masuk (SIKM) sebelumnya digunakan sebagai syarat keluar masuk Jakarta pada masa penyekatan mudik mulai 6-17 Mei 2021.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 569 Tahun 2021 mengenai Prosedur Pemberian Izin Keluar Masuk Provinsi DKI Jakarta Selama Masa Peniadaan Mudik Idul Fitri 1442 Hijriah.