Detail

Berikut Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembelajaran Tatap Muka Ditengah Pandemi

Kamis, 8 April, 2021, 19:38 WIB
Penulis: MCMNEWS.ID

MCMNEWS.ID – Specialist UNICEF Indonesia, WASH (Water, Sanitation & Hygiene), Muhammad Zainal, bersuara perihal Wacana Kembalinya Pembukaan Sekolah dengan Sistem Pembelajaran Tatap Muka yang menjadi perhatian para orang tua.

Menurut Zainal, pembukaan kembali sekolah harus diikuti dengan diterapkannya protokol kesehatan dan sekolah aman yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan siswa, guru, keluarga dan masyarakat.

“UNICEF akan sejalan dengan pemerintah dalam hal pembukaan kembali sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Karena penutupan sekolah selama pandemi Covid-19 dalam jangka panjang akan memberikan dampak negatif terhadap anak khususnya dari segi pendidikan,” Tutur Zainal, ditulis Kamis, (8/4/2021).

“Disamping itu, layanan pendidikan selama pandemi juga harus mempertimbangkan kondisi tumbuh kembang dan psikososial siswa,” tandasnya.

Sementara itu, dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV mengatakan anak-anak perlu mendapat edukasi soal protokol kesehatan sebelum kembali ke sekolah.

“Hal simpel yang harus diajarkan adalah jangan pernah buka masker di tempat umum, jangan pernah mau maskernya dipinjamnya ke temannya. Pinjam-meminjam suatu barang kalau buat anak kan itu hal yang happy,” Jelasnya.

Maka dari itu edukasi mengenai bagaimana cara melindungi diri dan keluarga dari virus itu harus dilakukan.

Khususnya kepada anak-anak yang notabene perlu pengawasan lebih, dikarenakan anak-anak masih dalam tahap memilah mana hal yang baik dan mana yang buruk.

Laporan: Irfan