Detail

Bayi Viral yang Dijadikan Pengamen oleh Manusia Silver Diselamatkan Petugas

Minggu, 26 September, 2021, 12:39 WIB
Penulis: Muh Ari

Aparat Satpol PP Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah menemukan ‘manusia silver’ yang membawa bayi saat mengamen di SPBU Parakan, Pamulang, Tangsel. Ibu dan bayinya itu kini telah dibawa ke dinas sosial setempat.

“Kami mendapati si bayi tersebut tinggal di Jalan Salak, ngontrak. Nah saat ini bayi dan ibunya kita bawa ke dinas sosial untuk dilakukan tindakan lebih lanjut tentunya,” kata Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Tangsel Muksin Al-Fachry, kepada wartawan, Minggu (25/9/2021).

Muksin menyebut ibu dari bayi yang masih berusia 10 bulan itu berinisial NK (21). NK juga merupakan ‘manusia silver’ yang setiap kali mengamen menitipkan bayinya ke tetangga berinisial E dan B, keduanya juga ‘manusia silver’.

“Nah anaknya ini biasanya dititipkan ke tetangga. Tapi pada hari itu, teman dia namanya Bang E dan B itu dibawa, yang katanya sedang me-nyilver. Dia (NK) nggak tahu kalau anaknya diajak,” ucapnya.

Berdasarkan pengakuan NK, saat bayi itu dibawa mengamen memang tubuhnya itu dilumuri cat silver oleh E dan B. Saat dikembalikan ke NK, di badan bayi pun masih menempel cat tersebut, dan NK diberi uang Rp 20 ribu oleh E dan B dari hasil mengamen.

“Tapi memang pada saat pulang badan, kaki ada silver-nya. Dia dibagi uang Rp 20 ribu, tapi katanya itu jatah buat beli popok dan susu,” ujar Muksin.

Muksin menegaskan Satpol PP bakal merazia orang-orang yang mengeksploitasi balita di sekitar Tangsel. Dia memastikan hal tersebut tidak terulang.

“Apabila memang masih ada yang bawa anak-anak balita, kita akan lakukan razia lebih intensif biar hal ini tidak terjadi lagi. Apalagi kota kami kota layak anak,” imbuhnya.

Sebelumnya sebuah foto viral di medsos memperlihatkan seorang perempuan yang menjadi manusia silver dengan membawa bayi di kawasan SPBU Parakan, Pamulang, Tangerang Selatan.

Dalam foto yang diunggah akun Instagram @Tangsel_Update, terlihat bayi itu turut dicat silver di area wajah, lengan, hingga kaki.

“Perlu perhatian khusus, manusia silver di Tangerang Selatan membawa balitanya, (tujuannya) untuk belas kasihan para pengguna jalan sekitar,” tulis akun tersebut.